Selasa, 19 Maret 2013

Sertifikasi benih

Sertifikasibenihbertujuanuntukmemeliharakemurniandanmutubenihdarivarietasunggulsertamennyediakanscarakontiyukepadapetani.Sertivikasibenihdimaksutsebagaipelayananterhadapprodusen, penangkarbenihdanpedagangbenih.
Sutu varietasdapatdisertifikasibilatelahdianjurkanoleh team penilaiandanpelepasvarietasdariBadanNasionaldandisetujuiolehmenteri.Benihbinaadalahjenistanaman yang benihnyasudahditetapkanuntukdiaturdandiawasidalampemasaranyaberdasarkanperaturan yang berlaku.
Ada 4 macamsertifikasibenihyaitusebagaiuberikut.
1. Benihpenjenis (Breeder seed) :adalahbenih yang diproduksidandibawahpengawasanpemuliatanamanatauinstansinyadanharusmerupakanperbanyakanbenihdasar
2. Benihdasar (Foundation seed) :adalahketurunanpertamadaribenihpenjenisataubenihteras, yang diproduksidibawahbimbingan yang intensifdanpengawasanketatsehinggakemurnianvarietas yang tinggidapatdipelihara. BenihdasardiproduksiolehLemnbagaPusatPenelitianPertanian (LP3) cabangsukamadi
3.BenihPokok (Stock seed) :adalahketurunandaribenihdasar yang diproduksidandipeliharasedemikianrupasehinggaidentitasdankemurnianvarietas yang ditetapkandapatdipeliharadanmemenuhistandartmutu yang telahditetapkandandisertifikasisebagaibenihpokokolehDinasPengawasandanSertifikasiBenih.
4. Benihdasar (Extention seed) :adalahketurunandaribenihpokok yang dapatdisenarluaskanpadaparapetanipenangkarbenihdibawahpengawasandinaspertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar